Home » » WAKTU - WAKTU YANG PALING MUSTAJAB UNTUK BERDOA

WAKTU - WAKTU YANG PALING MUSTAJAB UNTUK BERDOA



Rasulullah SAW telah memberitahukan kepada kita perihal waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, dan waktu itu adalah sebagai berikut:









1. Pada Waktu Sepertiga Malam yang Terakhir 

Ketika orang lain terlelap dalam tidur di sepertiga malam yang terakhir, maka beruntunglah orang yang bangun dari tidurnya dan
berdoa kepada Allah SWT. Sungguh, waktu sepertiga malam yang terakhir adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Apalagi, jika sebelum berdoa kepada-Nya didahului dengan shalat Tahajjud dan berdzikir kepada-Nya.

2. Ketika Bersujud kepada Allah SWT

Ketika bersujud adalah waktu yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya. Oleh karena itu, pada saat yang istimewa seperti ini sangat perlu untuk menyampaikan doa kepada-Nya.

3. Antara Adzan dan Iqamah

Setelah muadzin menyerukan adzan untuk shalat fardhu, hendaknya kita memanfaatkan waktu ini untuk berdoa kepada Allah SWT. Sungguh, sebelum iqamah diserukan untuk segera mengerjakan shalat, ini adalah waktu yang mustajab.

4. Setelah Shalat Fardhu
Setelah mengerjakan shalat fardhu, hendaknya seseorang tidak meninggalkan kesempatan yang baik ini untuk berdoa. Sesungguhnya pada saat ini adalah saat yang mustajab untuk berdoa.

5. Ketika Berbuka Bagi Orang yang Berpuasa

Pada saat berbuka puasa, hendaknya kita menyempatkan diri untuk berdoa kepada Allah SWT. Ternyata, pada saat berbuka juga merupakan waktu yang mustajab bagi doa yang kita sampaikan kepada-Nya.

6. Ketika Hati Sedang Lembut 

Pada saat iman sedang meningkat, biasanya hati menjadi terasa lembut, serasa dekat dengan Allah SWT, dan penuh kasih sayang kepada sesama. Pada saat seperti ini, hendaknya jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT. agar lebih mudah dikabulkan.

7. Ketika Sedang dalam Perjalanan

Ketika kita sedang dalam perjalanan sudah— barang tentu bukan dalam rangka bermaksiat jangan— sampai lupa untuk menggunakan kesempatan ini untuk berdoa kepada Allah SWT. Inilah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

8. Sesaat Pada Hari Jum'at

Hari Jum’'at adalah hari yang mulia bagi orang Islam. Pada hari ini ada waktu sesaat saja, kita tidak mengetahui apakah siang atau malam, pagi atau sore, maka hendaknya kita memperbanyak untuk berdoa kepada Allah SWT.

9. Ketika Sedang Turun Hujan

Ketika sedang turun hujan, lebih-lebih ketika kita sedang kehujanan, hendaknya segera memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sungguh, inilah waktu yang mustajab untuk berdoa.

10. Ketika Mendengar Ayam Berkokok

Pada saat kita mendengar ada ayam berkokok, segera kita memanjatkan doa kepada Allah SWT. Menurut junjungan kita Nabi Muhammad SAW, pada saat seperti ini ayam yang sedang berkokok tersebut sedang melihat malaikat.

11. Ketika Sedang Berpuasa

Pada saat kita sedang berpuasa, baik itu puasa wajib di bulan Ramadhan maupun sedang mengerjakan puasa sunnah, hendaknya kita memperbanyak doa kepada Allah SWT. Keadaan seperti ini adalah saat yang mustajab bagi sebuah doa yang disampaikan kepada-Nya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : TRIFEDA | MG-Cyber | R48ID
Copyright © 2013. Center - Science - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger