Televisi masih menjadi media utama bagi
masyarakat Indonesia untuk mencari informasi dan hiburan pada 2012 lalu.
Berdasarkan penelusuran Nielsen Audience Measurement, 94 persen
masyarakat Indonesia mengkonsumsi media melalui televisi. Turun satu angka dibanding tahun sebelumnya.
Menurut Nielsen, acara pencarian bakat di televisi mencuri perhatian
pemirsa sebagai genre program paling banyak ditonton. Tayangan ini
memperoleh rating sebesar 2,3. Atau ditonton oleh 1,2 juta penonton di
atas 5 tahun di 10 kota besar di Indonesia.
Jumlah ini sedikit lebih
banyak ketimbang perolehan program hiburan komedi dan sinetron yang
ditonton 1 juta orang. Setara dengan dua poin rating. Dibandingkan tahun
sebelumnya, penonton acara pencarian bakat ini telah bertambah dari
sekitar 900 ribu orang.
Rating acara pencari bakat memang lebih
besar dari sinetron. Tapi, penonton Indonesia masih menghabiskan 24
persen dari total jam menonton mereka, selama setahun, untuk menyaksikan
sinetron. "Atau sekitar 197 jam," kata Irawati Pratignyo, Managing
Director Media Nielsen Indonesia, kepada wartawan, Rabu, 6 Maret 2013.
Tayangan hiburan seperti acara pencarian bakat, komedi, musik, atau
permainan, memperoleh porsi jam menonton terbesar kedua dari pemirsa.
Yakni sekitar 20 persen atau selama 168 jam selama setahun.
Untuk
program terpopuler 2012, Nielsen menjatuhkannya pada program khusus,
seperti pertandingan sepak bola. Misalnya penonton AFF Suzuki Cup
Malaysia vs Indonesia yang lebih dari 5,8 juta orang, dengan poin rating
10,9; Hassanal Bokiah Trophy Indonesia vs Brunei, ditonton 5,1 juta
orang dengan rating 9,6; dan Pertandingan Persahabatan Indonesia vs
Inter Milan yang ditonton lebih dari 4,6 juta pemirsa dengan rating 8,8.
Adapun beberapa program khusus lain juga tercatat menarik banyak
pemirsa. Seperti Dahsyatnya Awards yang menyedot pemirsa di atas 3,1
juta dan rating 5,9; Apa Kabar Indonesia Malam, waktu penetapan awal
bulan Ramadan, yang meraih penonton 3 juta serta rating 5,7; dan film
layar lebar Avatar yang ditonton 2,8 juta orang dengan rating 5,3.
Data penonton ini didapat Nielsen dari Pengukuran Kepemirsaan TV untuk
10 kota besar di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung,
Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Banjarmasin. Dalam
penelitian ini, jumlah populasi TV mencapai 49.525.104 individu berusia 5
tahun ke atas. "Pengukuran elektronik menggunakan teknologi meter
dengan GSM & GPRS, dan pengambilan datanya sepanjang malam," kata
Irawati
Thursday, March 7, 2013
0 Response to "Acara TV Ini Paling Digemari Penonton Indonesia"
Post a Comment