Sebuah situs sekaligus aplikasi baru bernama
Pheed hadir menyemarakkan kompetisi dalam dunia jejaring sosial.
Analisis awal mengatakan bahwa Pheed adalah 'muka' lain dari Twitter.
sebuah startup, situs jejaring sosial
sekaligus aplikasi untuk mobile bernama Pheed ikut semarakkan
persaingan dalam dunia sosial media. Situs yang dalam pengucapannya
disebut feed ini merupakan jejaring sosial bebas dan gratis yang dapat
diakses baik menggunakan PC atau juga perangkat mobile.
Pheed
pertama kali diluncurkan pada tanggal 12 Oktober 2012 lalu dan masuk di
iTunes App Store pada tanggal 10 November 2012. Semenjak masuk di
iTunes, Pheed sempat menjadi salah satu dari Apple's Top Chart dan
menjadi salah satu dari Top 10 Free Apps selama enam minggu
berturut-turut.
Pada tanggal 19 Februari 2013 lalu, Pheed berhasil
menduduki peringkat pertama dalam Apple's Top Charts dalam kategori
aplikasi sosial media mengalahkan Twitter dan Facebook sebagai
seniornya.
Pheed adalah situs sekaligus aplikasi yang menggunakan
unified platform untuk berbagi segala konten digital seperti teks, foto,
audio, voice noted, video bahkan broadcasting secara real-time.
Selain dapat digunakan sebagai sarana sharing digital konten, Pheed juga
dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya adalah live
broadcast.
Apabila seseorang ingin melihat broadcasting tentang
suatu acara atau lainnya secara real-time, pengguna Pheed dapat
menetapkan berapa biaya yang harus dibayar oleh pemirsanya.
Untuk
masalah pembayaran, Pheed menjelaskan bahwa pihaknya tidak ikut campur
dan segala hal adalah mutlak otoritas pengguna dengan konsumennya.
Karena Pheed adalah jejaring sosial untuk berbagi konten, maka ada
kalanya konten yang dibagikan merupakan hak milik pribadi seseorang.
Oleh karenanya, pengembang Pheed juga menambahkan fitur berupa tombol
Copyright di dalamnya.
Ada 3 cara untuk dapat menggunakan Pheed
yaitu dengan memakai account Facebook, Twitter atau juga email. Karena
baru memulai aktivitas di Pheed, tentunya tidak banyak atau bahkan sang
pengguna tidak mempunyai teman. Oleh karenanya, Pheed memberikan
penawaran untuk mengajak teman yang ada di Facebook, Twitter atau Gmail
agar dapat ikut serta menggunakan layanan baru ini.
Ketika tim
merdeka.com mencoba mendaftar dan menggunakannya, persis seperti yang
pernah dituliskan di Forbes (18/10/2012), tampilan pheed kurang lebih
sama dengan Twitter hanya saja sedikit lebih besar saja.
Foto-foto
yang yang diunggahpun juga ditampilkan lebih besar. Ada beberapa tombol
sharing di bagian atas dan di sebelah kiri ada sederet panel dengan
fungsi yang berbeda.
Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan
Twitter, maka Anda tidak akan terlalu lama untuk dapat beradaptasi
dengan proses pengoperasiannya.
Sampai sekarang, sudah banyak
selebritis dan perusahaan terkenal yang bergabung dengan Pheed.
Bagaimana dengan Anda? Tertarik bergabung dengan Pheed?
Tuesday, March 12, 2013
0 Response to "Pheed, Twitter model baru?"
Post a Comment